Potret Perayaan Maulid Nabi Muhammad Di Aceh

Perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW sudah menjadi rutinitas yang sakeral di wilayah aceh, ya..tidak bisa tidak setiap gampong(desa) di aceh akan menjadi sebuah ritual tersendiri dalam Perayaan Hari Kelahiran Baginda Rasulullah, selama 3 bulan berturut-turut perayaan Hari Kelahiran Nabi Muhammad ini akan kita jumpai di meunasah(surau) yang ada di aceh, bermacam hidangan makanan (khanduri) akan di antarkan ke meunasah(surau) oleh setiap rumah-rumah penduduk di desa tersebut.
Ritual Perayaan Maulid Nabi Muhammad Di Aceh

Tak hanya khanduri(hidangan makanan) yang dapat kita jumpai, iringan lantunan zikir maulid pun sangat indah terdengar yang dilantunkan oleh anak muda desa tersebut. seperti pantauan Kru Zone Aceh sekitar pukul 20.00 wib kemarin di Gampong Pulo Situek Garot, Kecamatan Indra Jaya, Kabupaten Pidie.

Potret Perayaan Maulid Nabi Muhammad Di Aceh

Terlihat beberapa pemuda sedang melantunkan zikir maulid, dan sejumlah pemuda lainnya sedang menyiapkan hidangan makanan untuk sama-sama di nikmati di perayaan hari lahirnya baginda rasulullah.
Potret Perayaan Maulid Nabi Muhammad Di Aceh



Salah seorang pemuda di desa tersebut yang kami wawancarai bernama Mirza menyebutkan bahwa para pemuda didesa pulo situek sangat antusias dalam hal perayaan maulid nabi besar muhammad saw.
Perayaan maulid nabi muhammad di pulo situek

Dan biasa nya pada malam berikutkan nya juga masih ada lagi acara dakwah yang akan kita dapati di setiap meunasah (surau) di aceh. kita berharap semoga ritual yang sudah menjadi adat masyarakat aceh ini akan terus di lestarikan.
Potret Perayaan Maulid Nabi Muhammad Di Aceh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zone Aceh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Atas Komentar Anda