Badai Matahari Akan Pengaruhi Bumi


Badai Matahari Akan Pengaruhi Bumi
Badai Matahari
Bagi Anda pengguna gadget yang terkoneksi via satelit harus ekstra hati-hati dalam menggunakan perangkat telekomunikasi, karena hari ini akan ada badai matahari yang punya potensi merusak dalam sekala besar. Dikutip dari Daily Mail (12/6), matahari telah melepaskan badai matahari dalam skala yang cukup besar sejak dua hari terakhir, dan yang paling besar diperkirakan akan menghantam bumi hari ini, Jumat (13/6/14).

Meskipun diketahui tidak berbahaya bagi manusia, tapi hembusan energi yang dipenuhi dengan gelombang magnetik yang bisa merusak satelit dan sistem telekomunikasi di seluruh dunia, khususnya di daerah kutub yang mendapat paling banyak hantaman gelombang pada saat badai matahari tiba.

Sebelumnya, badai matahari kelas 'X' dinyatakan telah sampai di bumi hari Selasa dan Rabu kemarin. Kedua badai itu mengakibatkan permasalahan penyiaran radio dan komunikasi pesawat terbang. Bahkan hari selasa kemarin diketahui ada dua badai matahari sekaligus yang menghantam bumi.

Bumi sebenarnya mampu menyerap badai matahari, terutama partikel-partikel berbahaya seperti sinar X dan ultraviolet. Akan tetapi yang akan menghantam bumi pada hari ini adalah sebuah ledakan besar dari atmosfer matahari atau yang lebih dikenal dengan nama Corona Mass Ejection (CME).

Corona Mass Ejection bisa memberikan dampak besar karena mengeluarkan gelombang elektric dalam jumlah besar selain sinar X, ultraviolet, dan gelombang magnetic. Akibatnya pun tak main-main, gelombang tersebut mampu mematikan pembangkit listrik hingga membakar dan memutuskan kabel listrik.

Badan pengamat kelautan dan atmosfer milik Pemerintah Amerika Serikat  menyatakan jika ledakan matahari hari ini kemungkinan tidak akan memberikan dampak yang ekstrem kepada bumi. Tapi perlu diketahui bahwa jika satelit-satelit yang mengorbit di bumi yang akan terkena dampaknya.

Penghuni dunia pun diimbau untuk bersiap-siap akan kemungkinan terburuk. Mengingat kejadian ini sebelumnya hanya terjadi pada tahun 1859 saat koneksi internet dan telekomunikasi lain belum berkembang. Oleh karena itu, ada kemungkinan dampaknya akan cukup mengkhawatirkan, seperti terganggunya jaringan telepon dan internet.

Meskipun perangkat elektronik macam telepon dan komputer tak akan sampai terpengaruh, tapi apa yang akan terjadi bila justru koneksi internet yang padam?
Badai Matahari Akan Pengaruhi Bumi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zone Aceh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Atas Komentar Anda